- Hampir smua orang pasti bisa berkendara make motor (sepeda motor), karena kendaraaan ini bisa dibilang sangat merakyat, dimana2 dan hampir setiap rumah pasti ada motor. Memang hampir semua bisa bawa motor, tp belum tentu semua punya lisensi (SIM).Jadi kadang kita juga temuin orang yg tiada punya SIM tapi jago bawa motor, ada juga yg sudah punya SIM tp bawa motor juga masih goyang2, kali ini admin kasih beberapa tips gimana cara kemudikan motor yang baik dan benar
Sebelum kita mulai, kita mau pake motor apa dulu nih? banyak jenis motor, ada bebek, sporty, dan matic. hmm, karena yang paling banyak digunakan orang adalah tipe bebek, jadi kita bahas yang bebek saja. untuk sample nya. Tipe bebek biasa ada 2 jenis, kopling manual dan kopling otomatis. contoh kopling otomatis paling bayak, supra, vega, jupiter mx, smash, dll.
contoh yg kopling manual jupiter mx cw, FU 150, CS1, Shogun SP. nah kali ini kita bahas yg kopling otomatis.
1. Persiapan
Gimana spek motor yang kita bawa? lihat cc nya berapa, punya berapa percepatan (gigi), gimana rentang perpindahan antar perseneling. misal supra fit x punya 100 cc, ada 4 percepatan, rentang perpindahan antar perseneling sbb: 0-20 (gigi 1), 20-40 (gigi 2) , 40-70 (gigi 3), 70-100 (gigi 4). siklus perpindahannya: N-1-2-3-4-N (sistem rotari) nyalain motor, kalau mesin kondisi dingin, disarankan untuk gunakan kick starter (caranya: putar kunci ke posisi ON, pijak tuas kick starter sampai habis berbarengan dgn tarik gas sedikit untuk memancing agar mesin langsung start, jgn menarik gas terlalu dalam, setelah nyala biarin mesin nyala dalam kondisi gas normal selama kurang lebih 5 menit).
Untuk kondisi mesin panas, pake electric starter aja (caranya: tekan tombol starter, sesaat setelah itu tarik gas sedikit sampai mesin nyala, setelah nyala biarin suhu mesin normal dulu skitar 2 menit) jangan lupa pake helm mnurutku mental seseorang itu punya andil sebesar 70% dlm berkendara, jadi kita harus tenang n jgn grogi ketika mengendarai motor.
2. Berhenti – Jalan (0 – .. km/h)
Masuk ke gigi 1, tarik gas sedikit agar perpindahan mulus mulai dari
keadaan stop sampai berjalan. segera naikkan gigi sbelum rentang gigi tsb habis (bisa juga didengar
dr suara mesin, jgn sampai suara mesin menjerit baru naikkan gigi)
3. Keadaan Berjalan
supaya konsumsi BBM irit, pindahin gigi sebelum rentangnya habis
(mis. gigi 2 punya rentang 20-40 km/h, segera pindah ke gigi 3 pada
kec. 25 km/h). perpindahan giginya kira2 spt ini: 10 km/h (masuk ke
gigi 2), 25 km/h (masuk ke gigi 3), 35 km/h (masuk ke gigi 4). agar perpindahan gigi mulus (ga menyentak), ketika mau naikkan
gigi, lepas gas, lalu naikkan gigi, lalu gas kembali (prosesnya
berlangsung cepat agar tidak menyentak)
4. Berbelok/ menikung
lepas gas, rem perlahan, stlh lewat tikungan langsung gas kembali (di
sela-sela proses tersebut gigi diturunkan bila perlu) kalo mau menikung dgn kecepatan tinggi, misal belok ke kanan,
caranya: misalkan posisi gigi-4, lepas gas, ambil bagian kiri jalan,
langsung miringkan posisi motor n badan +/- 60-45 derajat (badan
jgn melawan posisi motor, kalau motor miring ke kanan, maka badan
jg harus miring ke kanan), stlh tikungan habis langsung kembalikan
posisi motor jd 90 derajat n gas kembali. (tips ini disarankan utk pengendara motor yg udah advance, soalnya ini trmasuk trik yg cukup sulit)
5. Mengerem
untuk pengereman biasa (lampu merah), caranya: lepas gas, tekan
pedal rem belakang, lalu tuas rem depan jika perlu, ketika motor
sudah berhenti total baru turunkan gigi. utk keadaan berhenti total
disarankan untuk menurunkan gigi ke posisi netral. untuk pengereman mendadak, caranya: lepas gas, tekan pedal rem
belakang sampai kandas, diikuti dgn menarik tuas rem depan. rem
belakang harus lebih kuat (tekan sampai kandas) daripada rem depan,
karena untuk mencegah motor nge-buang ke belakang yg bisa
menyebabkan motor jatuh.
6. Menanjak
untuk tanjakan biasa, gunakan gigi-2, kecepatan kira2 20 km/h. untuk tanjakan curam (misalnya di parkiran bertingkat), gunakan
gigi-1, kecepatan kira2 10-20 km/h. untuk tanjakan yg sgt panjang (misal jalan luar kota), gunakan gigi-3
sampai tanjakan habis, setelah itu baru masuk gigi-4.
7. Berboncengan
jika anda biasa bawa motor dgn kecepatan cukup tinggi, ketika anda
membawa boncengan disarankan untuk membawa motor dgn
kecepatan rata2 aja. Karena perbedaan handling ketika sendiri dan
berboncengan sangat besar. untuk mengurangi resiko kecelakaan,
disarankan untuk membawa motor dgn kecepatan normal. perhatikan angin ban, jika agak kempes segera isi agar handling
motor lebih nyaman.
8. Saat cuaca hujan
perhatikan kondisi ban, kondisi ban harus 100%-60%, jika kondisi
sudah habis anda harus ekstra hati2 dan disarankan utk tidak keluar
rumah . bawa motor dgn hati2 dan kecepatan max.40 km/h kekuatan rem berkurang sekitar 30% jika dibandingkan dgn kondisi
jalan kering, jadi anda harus ekstra hati2 nyalakan lampu walaupun bukan pada saat malam hari untuk
memberi tanda pada motor anda, karena pada kasus hujan lebat,
jarak pandang berkurang sangat drastis. jika keadaan motor berhenti, posisikan netral, dan gas dipertahankan
supaya diatas gas normal, karena pada saat hujan mesin motor sangat
dingin dan sangat mudah mati. untuk kasus hujan sangat lebat, disarankan untuk berhenti dan
menunggu sampai hujan reda.
9. melewati banjir
pastikan anda sudah hafal jalan tersebut (jika ada lubang, setidaknya
anda bisa cegah karena pada saat banjir, semua jalan kelihatan rata) pastikan tinggi banjir tidak melewati lutut anda, jika tinggi masih
sekitar < 30 cm, anda bisa melewati nya. posisi gigi-1, kecepatan max 15 km/h. jangan pernah melepas/mengurangi gas. karena jika sampai knalpot
anda terendam dan anda melepas gas, maka air akan masuk melalui
knalpot dan akan merusak mesin. ketika banjir sudah dilewati, berhenti sejenak, posisi kan netral, dan
panaskan mesin kembali.
10. Patuhi rambu-rambu lalu lintas
patuhi rambu2 lalu lintas, selalu pakai
helm, nyalakan lampu sein ketika berbelok, jangan masuk ke jalur
cepat.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2014
(26)
-
▼
Januari
(19)
- Hilangkan Kutu Rambut Dengan Bumbu Dapur
- Hilangkan Kapalan Dengan Sabuk Kelapa
- 3 Cara Sederhana Dan Mudah Hilangkan Ketombe
- Penyebab Rambut Rontok Yang Sering Terjadi
- 5 langkah Scrub Alami untuk wajah dengan mudah
- Cara Hilangkan Bibir Hitam Akibat Rokok
- Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kulit
- Menghilangkan Bulu Ketiak Paling Mudah Dan Murah
- Obat Batuk Alami dengan Jeruk nipis, Teh Jahe Dan ...
- 6 Tips Memilih Air Minum Yang Baik
- Khasiat Kurma Berdasarkan Al-Quran, As-Sunnah dan ...
- Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
- Bahaya Mengkonsumsi Telor Mentah
- Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak
- 7 langkah mengurangi rasa capek
- MANFAAT KECANTIKAN DARI BUAH SEMANGKA
- Tips Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat
- Tips Cepat Cara Menghilangan Berkas Jerawat Secara...
- Berkendara motor yang baik
-
▼
Januari
(19)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar